Kamis, 16 Oktober 2014

Harus sepakat dong

Memang menjadi orang tua itu sama dengan sekolah, pasti ada pelajaran baru yang harus dimengerti dan ada ujian yang harus ditempuh.
Dalam mengasuh Allen, kami berdua mulai dari nol, alias belum punya pengalaman apa pun soal bayi dan anak kecil. Namun perlahan kami memulai bersama setapak demi setapak.
Aku bertindak sebagai full time mom, karena ayah Allen bertugas dinas di luar kota. Saat itu, emosiku biasanya lebih gampang naik karena mungkin aku perlu mendapat me time.
Sampai Allen umur 5 tahun, kami sungguh masih banyak berjuang untuk menjadi orang tua yang baik, untuk lebih mengontrol emosi. Puji syukur saat ini kondisi kami bisa lebih baik dibanding sebelumnya.
Kami banyak belajar tentang parenting. Bagaimana cara menyalurkan emosi yang baik. Aku sungguh menyesal jika mengingat perlakuan yang tidak sepantasnya kuberikan kepada Allen sebagai orang tua. Karena aku ingin Allen punya banyak kenangan indah saat masa kecilnya, terutama memori bawah sadar yang bahagia.

Salah satu pelajaran penting dalam parenting ialah, kedua orang tua harus punya satu pandangan dalam mendidik anak.
Ini perlu supaya anak tidak menjadi bingung, karena yang diajarkan kedua orang tuanya berbeda.
Jika salah satu orang tua sedang mendisiplinkan anak, pasangannya juga tidak boleh langsung  ikut menengahi, sehingga akan memunculkan peran orang tua baik dan orang tua tidak baik bagi anak.
Atau saat salah satu orang tua sudah membuat kesepakatan dengan anak, maka pasangannya juga harus konsisten akan keputusan yang sudah dibuat.

Diperlukan ekstra tenaga dan pikiran ketika sudah menjadi orang tua.
Bersyukur selalu karena kita sudah diberikan kepercayaan menjaga titipan Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan memberi komentar

 

Template by Web Hosting Reviews