Minggu, 02 November 2014

Saling mendukung dan melengkapi

Orang tua adalah teman bermain terbaik bagi anak

Setiap wiken adalah momen yang ditunggu oleh Allen sebab bisa bertemu dengan ayahnya. Rasa kangen untuk bermain bersama ayahnya bisa terpuaskan.
Saat berkumpul bersama ayahnya, mereka punya ritual khusus berdua yakni Ayah Allen akan membacakan cerita sebelum tidur siang dan tidur malam. Ceritanya merupakan karangan Ayah Allen sendiri sesuai permintaan dari Allen. Tokoh utamanya tentang Pooh dan teman-temannya. Ayah Allen sungguh piawai dalam membuat cerita baru tiap minggunya.
Kami memang membiasakan mengantar Allen sebelum tidur dengan cerita sejak dia kecil.
Kalau aku biasanya membacakan cerita dari buku, bisa buku dongeng, ensiklopedi atau majalah anak.
Dengan membacakan cerita dari buku kami berharap Allen mempunyai kebiasaan baik untuk suka membaca banyak buku, dan dengan menceritakan kisah karangan kami berharap Allen mempunyai daya imajinasi yang tinggi dan baik.

Ketika bermain Allen biasanya meminta ayahnya untuk selalu menemani. Untuk permainan dengan aktifitas fisik tentu saja lebih banyak dilakukan oleh ayah Allen. Seperti misalnya Allen suka digendong di atas pundak ayahnya, atau Ayah Allen mendorong box kontainer beroda berisi Allen hihihi.
Aku pun biasanya juga mengajak bermain dengan permainan baru yang aku karang sendiri. Seperti misalnya, kami bermain di atas kasur dan melakukan play and pretend menempuh perjalanan dengan berbagai moda transportasi, mulai dari kapal, kereta, kuda, bis, dan lain sebagainya sambil disertai mimik dan gerakan. Dan saat permainan harus diakhiri karena tiba saat mengantar ayah Allen ke stasiun, supaya tidak kecewa aku meminta Allen untuk menulis tiket perjalanan untuk dilakukan pada minggu depan.
Aku juga pernah spontan membuat permainan hompimpah, dan siapa yang menang, dia berhak menentukan untuk melakukan aktifitas apa, contoh ketika ayah Allen yang menang, dia mengharuskan kami untuk menyentuh ujung jempol kaki masig-masing dengan posisi duduk dan kaki lurus. Atau ketika Allen yang menang, dia mengharuskan kami untuk menyebut nama-nama kota yang pernah dikunjungi, juga ketika aku menang aku mengharuskan mereka untuk menyanyi balonku dengan berbisik, begitu seterusnya.

Dan kini saat Allen lagi senang-senangnya naik sepeda roda dua, jadwal tetap kami ialah bergantian menemaninya bermain sepeda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan memberi komentar

 

Template by Web Hosting Reviews