Kamis, 13 November 2014

Berteman

Dulu aku pernah punya anggapan bahwa punya banyak teman itu pastilah hebat. Bisa bersosialisasi di sana-sini , bisa punya ratusan kontak di smartphone. Diundang banyak ke acara atau tiap hari bisa keluar hangout bersama banyak teman.
Aku pun dulu merasa wajib menambah jumlah friendlist facebook sebab kok rasanya malu punya teman sedikit.
Namun seiring waktu aku sadar anggapanku itu keliru dan salah besar.
Yup, teman yang banyak bukan bukanlah segalanya.

Kadang sebagai orang tua, kita juga punya kecenderungan untuk menuntut anak supaya pandai bergaul, pandai bersosialisasi, dan memiliki banyak teman. Padahal yang namanya berteman itu merupakan hubungan timbal balik, jika anak kita memang belum punya kepentingan dan keinginan untuk mengajak seseorang berteman maka ya sudah, masak kita paksakan. Biarkan berjalan dengan alami proses mencari temannya.

Pertemanan yang baik ialah yang bisa saling menjaga komunikasi dan kepercayaan. Aku pernah mengalami pertengkaran hebat dengan salah seorang sahabat baik, dan itu rasanya sungguh menyiksa, rasa bersalah terus menghantuiku karena telah merusak kepercayaannya. Syukurlah saat ini kami sudah kembali baikan walau tidak seerat dulu rasa persahabatannya.

Meski jumlah teman kita sedikit itu tidak masalah asal kita benar-benar menjadi teman terbaik buat mereka. Bagiku memang lebih baik mempunyai sedikit sahabat daripada mempunyai banyak teman.
Karena secara logika juga berapa banyak teman yang bisa kita perhatikan setiap harinya.
Apalagi jika kita memang punya banyak kesibukan.

Tapi memiliki banyak teman dimana-mana itu ada sisi positifnya dan punya keuntungan, semisal kita memang punya usaha jualan, ikut komunitas dengan banyak cabang, senang travelling atau kita bekerja di dunia entertainment, dan sebagainya.

Berteman juga hendaknya tidak pilih-pilih, maksudnya jangan berdasar ukuran materi atau punya standar harus yang fisiknya bagus.
Berteman dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja,
Karena kita hidup memang tidak bisa sendiri, syukur-syukur kalau akhirnya menemukan teman yang akhirnya menjadi sahabat atau saudara atau pendamping hidup (nah loh)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan memberi komentar

 

Template by Web Hosting Reviews