Kamis, 31 Maret 2016

Mengejar ilmu jadi orang tua

Saat ditanya aktifitas apa yang aku lakukan sehari-hari selain mengantar jemput dan menemani anak, yah sebenarnya tidak ada. Selo banget waktu yang aku punya.
Kata seorang teman, kenapa "nganggur saat masih muda, kan eman". Hmmm , gitu yah ...

Mungkin karena aku sadar termasuk tipe yang kurang bisa adil untuk memberikan perhatian antara keluarga n aktifitas, jadi kunikmati saja dulu masa-masa ini.

Karena sudah memilih untuk fokus menjadi orang tua, dan ingin menjadi orang tua yang baik buat anak, maka yang kuperlukan adalah ilmu parenting.

Membaca ulasan parenting dari hasil browsing, atau facebook ayah edy, bu elly risman, opa dono baswardono, bukik setiawan, okina fitryani, dan sebagainya
Membeli buku-buku parenting, antara lain serial ayah edy, 10 warisan orang tua, anak juga manusia, buku toge aprilianto, true parenting, dan sebagainya.

Ikut komunitas dan grup parenting, sementara baru secara online.

Mengikuti seminar parenting, baru dua kali yakni dari angga setyawan dan ayah edy.

Itulah yang kulakukan.
(Dan semoga bisa diikuti dan didukung terus oleh pasanganku)

Apakah sudah berhasil jadi ibu idola atau favorit setelah belajar?
Hahaha tentu saja belum, masih terus berproses.
Dari allen orok sampai umur tujuh tahun ini pun, hari-hari masih dilewati dengan emosi yang naik turun. Marah dan tidak sabaran dengan skala kecil sampai maksimal juga masih sering kulakukan.
Satu hal yang menurut saya penting, juga berdasar dari pengalaman pribadi yakni jika sudah berkeluarga dan punya anak, maka tinggallah di rumah sendiri (entah sewa atau beli rumah), jangan menetap di rumah orang tua maupun mertua.
Ilmu parenting juga masih banyak berkembang, dan  akan selalu bertambah sesuai kemajuan jaman.

Saat seminar ayah edy, dikala sesi tanya jawab, rata-rata penanya mengajukan pertanyaan tentang anak mereka, sedangkan dalam hati pertanyaanku ialah, "ayah, anak saya tidak bermasalah, tapi saya, ibunya yang bermasalah, bagaimana menjadi ibu yang baik?"

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkenan memberi komentar

 

Template by Web Hosting Reviews