Kamis, 31 Maret 2016

Jalan-jalan itu perlu (dan penting)

Jargon "kurang piknik ya" atau "dolanmu kurang adoh" saat ini menjadi tren dan biasanya ditujukan buat mereka yang pikirannya cekak dan cupet.

Bagiku jalan-jalan itu wajib hukumnya. Kalau tidak bisa tiap hari ya, seminggu sekali , atau sebulan sekali, atau setahun sekali.
Mengenang saat masa kecilku yang sering diajak bertamasya oleh orang tua rasanya sangat senang.
Maka aku juga akan melakukan hal yang serupa untuk allen.
Jika mengacu pada tagline homeschooling yang menjadikan alam semesta sebagai tempat belajar, maka bisa dijadikan alasan kuat untuk mengajak anak jalan-jalan.

Mengajak allen jalan-jalan selama ini biasanya secara spontan dan tanpa rencana dan persiapan detail, kecuali untuk yang tujuan jauh.
Serperti waktu itu, aku pernah spontan mengajak allen ke solo.
Allen pun langsung mau. Maka kami pun ke stasiun maguwo untuk naik prameks jam 09 47 wib. Dan karena tidak naik dari stasiun tugu, maka penumpang sudah penuh. Kutemukan tempat duduk untuk allen, dan aku dengan semangat berdiri selama satu jam (kayak upacara bendera).
Selama di kereta aku browsing lokasi mana saja yang kira-kira bisa kami kunjungi. Tiba di stasiun purwosari, kami pun turun. Istirahat sejenak (akhirnya bisa duduk).
Lalu dengan modal naik becak (sengaja ga pilih naik taksi, biar bisa leluasa liat kanan kiri), aku minta diantar ke sriwedari, yang ternyata baru buka jam lima sore. Oke, rencana berubah, karena cuaca juga sedang hujan , aku lalu memilih paragon mall. Kami makan siang dan allen pun main di sana.
Setelah puas, kembali naik becak, aku minta diantarkan ke laweyan, karena kulihat di gugel map jaraknya cukup dekat.
Kampung laweyan ternyata asik juga, banyak bangunan kuno. Allen pun memilih kemeja batik motif ikan warna hijau tambah boneka kodok bermotif batik.
Lalu pak becak mengantar kami kembali ke stasiun purwosari. Kembali naik prameks. Sampai di jogja jam 15.45 wib. Telat hampir satu jam. Tapi karena tidak terburu apa-apa maka kami pun santai saja.
Perjalanan ke kota solo menambah satu portofolio lagi buat allen.

Jalan-jalan lebih banyak hal positifnya. Menambah wawasan, pengalaman, percaya diri, pergaulan dan teman, membuat rileks, awet muda, lebih happy.
Juga dalam prosesnya, ketika mengalami suatu masalah, maka kita juga akan terbiasa untuk "didesak" mencari solusi.
Dalam perjalanan juga kita bisa lebih mengenal karakter diri sendiri dan orang lain.

Jadi, kapan kemana kita akan jalan-jalan